Sidang Umum ke-74 PBB: Sejumlah pemimpin dunia absen

Sejumlah pemimpin dunia yang absen dalam UNGA ke-74 termasuk PM Benjamin Netanyahu, Presiden Xi Jinping dan Presiden Vladimir Putin.

Ilustrasi / Pixabay

Hingga Jumat ( 20/9), 91 kepala negara telah berkomitmen hadir dalam Sidang Umum PBB (UNGA) 2019. Presiden Emmanuel Macron disebut akan berada di New York untuk menawarkan peran kepemimpinan Prancis yang diperluas sebagai mediator global, ketika Amerika Serikat di bawah pemerintahan Donald Trump menarik diri dari berbagai forum internasional. 

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian pada Minggu (22/9) mengatakan bahwa tujuan utama negaranya pada UNGA tahun ini adalah mengurangi ketegangan antara AS dan Iran.

"Pertemuan antara Presiden Donald Trump dan Presiden Hassan Rouhani bukanlah prioritas. Yang utama adalah apakah kita dapat memulai kembali deeskalasi," kata Menlu Le Drian.

Dengan kecemasan yang signifikan di dalam negeri atas opsi no-deal Brexit, Boris Johson akan membuat debutnya di UNGA dalam kapasitasnya sebagai perdana menteri. Dia dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin dunia, termasuk Irlandia.

PM India Narendra Modi dan PM Pakistan Imran Khan dijadwalkan hadir dan berpidato di Sidang Umum PBB. Namun, sejauh ini kedua pemimpin negara, yang tengah bersitegang soal Kashmir, tidak memiliki agenda untuk bertatap muka.