Steve Scalise berpotensi menjadi Ketua DPR AS

Dia bekerja keras untuk mendapatkan dukungan yang dia perlukan dari para pengkritiknya untuk memimpin mayoritas Partai Republik.

Pemimpin Mayoritas DPR Steve Scalise dari LA, berbicara kepada wartawan saat tiba untuk pertemuan anggota DPR di Capitol Hill, Rabu, 11 Oktober 2023 di Washington . Foto AP/Mark Schiefelbein

Dengan alat bantu jalannya diposisikan di atas gundukan tanah, anggota DPR Steve Scalise melakukan lemparan seremonial pertama di stadion baseball Washington Nationals, sebuah kebangkitan yang menakjubkan bagi anggota kongres Partai Republik yang beberapa bulan sebelumnya, berjuang untuk hidupnya setelah seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke arah anggota parlemen di tempat mereka sendiri, saat latihan permainan bisbol amal.

Seorang “pahlawan Amerika,” adalah cara rekan-rekan Partai Republik menggambarkan Scalise setelah penembakan pada 2017 dan pada Rabu (11/10), mayoritas tipis dari mereka menominasikannya sebagai ketua DPR berikutnya menyusul pemecatan Kevin McCarthy sebagai ketua DPR AS, yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Scalise, 58, dan baru-baru ini didiagnosis mengidap kanker darah, menghabiskan sisa hari itu dengan bersembunyi di kantor Ketua DPR yang megah di Capitol, bekerja keras untuk mendapatkan dukungan yang dia perlukan dari para pengkritiknya untuk memimpin mayoritas Partai Republik yang terpecah menjelang pemilihan ketua DPR.

“Seperti yang kita semua saksikan, dia adalah seorang pejuang,” kata anggota parmelen dari Partai Republik, Andy Barr. “Dia telah membuktikan melawan segala rintangan bahwa dia dapat menyelesaikan pekerjaannya dan bangkit dari keterpurukan.”

Sebagai warga Louisiana yang ramah, Scalise pertama kali terpilih menjadi anggota Kongres pada 2008, setelah lebih dari satu dekade menjabat di badan legislatif negara bagian, dan dengan cepat naik pangkat di Washington.