Stok uranium Iran akan melampaui batas

Apa yang terjadi kemudian jika stok uranium Iran melampaui batas yang ditetapkan kesepakatan nuklir 2015 masih misteri.

Ilustrasi / Pixabay

Iran mengatakan pada Senin (17/6), dalam waktu 10 hari, pihaknya akan melanggar pembatasan yang disepakati secara internasional soal stok uranium tingkat rendah. 

Pengumuman tersebut datang di tengah ketegangan yang sudah tinggi dengan Amerika Serikat. Namun, Iran mengatakan negara-negara Eropa masih punya waktu untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir 2015 yang telah ditinggalkan AS.

Ketegangan AS-Iran memburuk menyusul tuduhan Washington bahwa Teheran mendalangi serangan terhadap dua tanker minyak di Teluk Oman pada Kamis lalu. Iran membantahnya.

"Kami telah meningkatkan pengayaan empat kali lipat dan bahkan meningkatkanya lagi baru-baru ini, jadi dalam 10 hari akan melampaui batas 300 kg," kata juru bicara Organisasi Energi Atom Iran Behrouz Kamalvandi. "Masih ada waktu ... jika negara-negara Eropa ingin bertindak."

"Cadangan Iran meningkat setiap harinya dengan laju yang lebih cepat. Dan jika Eropa menilai penting untuk menjaga kesepakatan, mereka harus melakukan upaya terbaik ... Begitu mereka kembali pada komitmennya, semuanya akan kembali ke keadaan semula," imbuhnya.