Strategi Gedung Putih untuk redam isu penyelidikan pemakzulan

Gedung Putih telah mempersiapkan potensi pemakzulan sejak Partai Republik memenangkan kendali DPR dalam pemilu November.

Presiden Joe Biden saat bertemu dengan Presiden Kolombia Gustavo Petro di Oval Office Gedung Putih di Washington, Kamis, 20 April 2023. AP Photo/Susan Walsh

Di Capitol Hill, anggota DPR dari Partai Republik pada Rabu (13/9) waktu setempat, mendukung pengumuman Ketua DPR Kevin McCarthy tentang penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Joe Biden.

Di sisi lain, di Pennsylvania Avenue, presiden menyampaikan di Gedung Putih tentang pentingnya bipartisan dalam memerangi kanker-dan mengabaikan pertanyaan tentang pemakzulan.

Hal ini merupakan tanda yang jelas dari upaya Biden untuk terpilih kembali secara lebih luas: gagasannya, jika dia melakukan tugasnya dan memerintah, masyarakat Amerika akan melihat hasilnya dan memberinya hadiah empat tahun lagi. Jangan pedulikan semua pembicaraan pemakzulan yang mengganggu di seluruh kota.

Gedung Putih telah mempersiapkan potensi pemakzulan sejak Partai Republik memenangkan kendali DPR dalam pemilu November. Mereka memiliki sekitar dua lusin anggota staf di kantor penasihat hukum yang merinci masalah ini. Kepala penasihat baru, Ed Siskel, adalah mantan pengacara pemerintahan Obama yang membantu menyusun tanggapan terhadap penyelidikan kongres terhadap serangan Benghazi pada 2012 yang menewaskan empat warga Amerika, termasuk duta besar AS.

Pedoman pemakzulan Gedung Putih sejauh ini adalah: Singkirkan. Pisahkan. Memarahi.