Taliban: Wanita Afghanistan dilarang bepergian kecuali dikawal kerabat laki-laki

Taliban melarang taksi mengangkut wanita ke tempat lain selain jarak pendek kecuali jika mereka ditemani oleh kerabat laki-laki.

Siswa bercadar menghadiri rapat umum Taliban di Universitas Pendidikan Shaheed Rabbani di Kabul pada September lalu. Foto EPA

Kementerian Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan Afghanistan mengeluarkan pedoman yang membatasi perempuan untuk bepergian jika tidak ditemani oleh kerabat laki-laki.

Otoritas Taliban Afghanistan mengatakan bahwa wanita yang ingin melakukan perjalanan apa pun selain jarak pendek tidak boleh ditawarkan transportasi kecuali mereka ditemani oleh kerabat dekat pria.

Pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan pada hari Minggu, juga meminta semua pemilik kendaraan untuk menawarkan tumpangan hanya kepada para wanita yang mengenakan jilbab.

"Perempuan yang bepergian lebih dari 45 mil (72 kilometer) tidak boleh ditawari tumpangan jika mereka tidak ditemani oleh anggota keluarga dekat," kata juru bicara kementerian Sadeq Akif Muhajir. Ia pun merinci bahwa yang dimaksud anggota keluarga dekat itu harus kerabat dekat laki-laki.

Pedoman tersebut, yang diedarkan di jaringan media sosial, muncul beberapa minggu setelah kementerian meminta saluran televisi Afghanistan untuk berhenti menayangkan drama dan sinetron yang menampilkan aktor wanita.