Bertemu PM Mesir, Wapres Ma'ruf dorong penguatan kerja sama bilateral

Mesir dan Indonesia perlu terus mendorong perwujudan komitmen internasional dalam mengatasi isu global dari seluruh aspek.

Wapres Ma'ruf Amin (kedua kiri) bertemu PM Mesir, Mostafa Kamal Madbouly, di Paviliun Kantor PM Mesir, Sharm El Sheikh International Convention Centre (SHICC), Sharm El Sheikh, Mesir, pada Selasa (8/11/2022). Foto BPMI Setwapres

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Mesir, Mostafa Kamal Madbouly. Pertemuan berlangsung di Paviliun Kantor PM Mesir, Sharm El Sheikh International Convention Centre (SHICC), Sharm El Sheikh, Mesir, pada Selasa (8/11).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas berbagai isu seputar perubahan iklim serta kerja sama di bidang perdagangan dan bidang pendidikan.

Ma'ruf menyampaikan, Mesir dan Indonesia perlu terus mendorong perwujudan komitmen internasional dalam mengatasi isu global dari seluruh aspek, termasuk perubahan iklim.

"Termasuk pendanaan, peningkatan kapasitas, dan alih teknologi dari negara maju. Kepemimpinan Mesir pada COP27 dan Indonesia pada G20 menjadi momentum untuk menangani berbagai isu krusial terkait ekonomi dan lingkungan hidup," ujar Ma'ruf dalam keterangannya, dikutip Rabu (9/11).

Disampaikan Ma'ruf, hubungan kerja sama di bidang perdagangan antara kedua negara mengalami peningkatan. Ini dilihat dari kenaikan nilai perdagangan lebih dari 50% yang mencapai USD$ 1,86 miliar.