Tidak hanya Jokowi, Presiden China juga telepon Emir Qatar

Presiden China menyampaikan apresiasi atas dukungan Qatar dalam perjuangan melawan wabah coronavirus tipe baru.

Ilustrasi China / Pixabay

Presiden China Xi Jinping menelepon Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al Thani pada Selasa (11/2) malam untuk menyampaikan apresiasi atas dukungan Qatar dalam perjuangan melawan wabah coronavirus tipe baru termasuk dengan membantu pengiriman pasokan pengendalian epidemi lewat jaringan Qatar Airways. Rakyat China disebut sangat tersentuh oleh persahabatan yang teruji dan terbukti.

China juga menyatakan siap bekerja sama dengan Qatar untuk menunjukkan dukungan timbal balik pada sejumlah isu yang menjadi kepentingan dan keprihatinan utama masing-masing pihak dan membawa hubungan bilateral ke tingkat yang baru.

Dalam pembicaraan via teleponnya dengan Emir Qatar, Presiden Xi Jinping menerangkan soal upaya habis-habisan pihaknya secara nasional untuk mengatasi wabah coronavirus tipe baru yang telah dinamai Covid-19 oleh WHO. 

Presiden Xi Jinping menggambarkan upaya tersebut sebagai perang dengan langkah-langkah paling menyeluruh dan ketat. 

"Upaya semacam itu membuahkan hasil. Dengan persatuan rakyat, kekuatan institusional China dalam memobilisasi sumber daya untuk langkah-langkah besar, materi yang kuat serta kapasitas teknologi dan pengalaman yang kaya, China memiliki kepercayaan diri, kapasitas dan tekad untuk memenangkan pertempuran ini," sebut Presiden Xi Jinping seperti dikutip dari keterangan tertulis yang dirilis Kementerian Luar Negeri China, Rabu (12/2).