Tiga arahan Wapres untuk kepala daerah soal percepatan pertumbuhan ekonomi

Ma'ruf meminta agar para kepala daerah terus berkoordinasi dan melakukan konsultasi dengan pemerintah pusat.

Wapres Ma'ruf Amin memberikan arahan kepada kepala daerah soal percepatan pertumbuhan ekonomi (YouTube/Wakil Presiden Republik Indonesia)

Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin, menginstruksikan kepala daerah untuk mengupayakan percepatan pertumbuhan ekonomi guna mendorong transformasi ekonomi di daerah. Setidaknya, ada tiga poin instruksi yang disampaikan Ma'ruf kepada kepala daerah terkait hal ini.

"Pertama, para kepala daerah dan Forkopimda agar mengambil langkah-langkah yang bersifat terobosan untuk menggairahkan pembangunan daerah," kata Ma'ruf dalam keterangan video, dikutip Rabu (18/1).

Ma'ruf meminta agar para kepala daerah terus berkoordinasi dan melakukan konsultasi dengan pemerintah pusat. Koordinasi dan konsultasi ini dilakukan utamanya jika ditemui kebijakan sektoral dari kementerian/lembaga yang berpotensi menghambat pembangunan daerah.

Sebab, menurut Ma'ruf, setiap daerah memiliki karakteristik berbeda. Oleh karenanya, hal ini juga berdampak pada perbedaan penerapan kebijakan di masing-masing daerah.

"Kedua, setiap daerah memiliki karakteristik pembangunan yang berbeda-beda, sehingga diperlukan intervensi pembangunan yang khas untuk setiap wilayah," ujar Ma'ruf.