Per Kamis, total WNI positif Covid-19 di luar negeri jadi 191

Sudah 205 negara yang mengonfirmasi kasus Covid-19, dengan Amerika Serikat berada di posisi puncak sebagai pemilik kasus terbanyak.

Staf medis memakai pakaian pelindung, duduk di dalam sebuah ambulans saat memindahkan pasien Covid-19 ke Rumah Sakit Masih Daneshvari di Teheran, Iran, Senin (30/3). ANTARA FOTO/WANA (West Asia News Agency)/Ali Khasa via REUTERS

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengumumkan bahwa per Kamis (2/4) pukul 10.00 WIB terdapat 191 Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang dinyatakan positif Covid-19. Jumlah tersebut meningkat dari 138 pada hari sebelumnya.

Dari total 191 WNI positif coronavirus jenis baru di luar negeri, 49 di antaranya adalah mereka yang berprofesi sebagai anak buah kapal, yang tersebar di berbagai kapal termasuk Kapal Costa Luminosa. Kondisi mereka seluruhnya stabil.

Malaysia dan Singapura masing-masing mencatat 34 kasus WNI positif Covid-19. Di Malaysia, dua orang meninggal, satu sembuh, dan 31 stabil. Di Singapura dua orang meninggal, satu dalam penanganan khusus, 26 stabil, dan lima orang sembuh.

India memiliki 14 kasus WNI terinfeksi Covid-19, dengan rincian 10 sembuh dan empat lainnya stabil. Ada pun sembilan WNI yang dinyatakan positif di Jepang seluruhnya telah dinyatakan sembuh. 

Spanyol mencatat sembilan kasus WNI, dua di antaranya sembuh dan sisanya stabil. Vatikan memiliki tujuh kasus, di mana seluruhnya dalam kondisi stabil.