Trump: Bangsa yang melepas wabah harus bertanggung jawab!

Trump tuding China melepas wabah Covid-19.

Presiden Donald Trump saat akan memberi pengarahan harian di Gedung Putih Washington, Amerika Serikat, Rabu (15/4)/ANTARA FOTO/REUTERS Leah Millis.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Selasa (22/9), mengatakan bahwa China harus bertanggung jawab karena telah "melepaskan" Covid-19 yang kian menyebar ke berbagai belahan dunia.

Trump menuduh Beijing mengizinkan orang meninggalkan China pada tahap awal wabah untuk menginfeksi dunia sambil menutup perjalanan domestik.

"Kita harus meminta pertanggungjawaban bangsa yang melepaskan wabah ini ke dunia, China," katanya dalam sambutannya di Sidang PBB yang direkam pada Senin (21/9).

"Pemerintah China, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang secara virtual dikendalikan oleh China, selalu keliru dalam menginformasikan tentang gejala. PBB harus meminta pertanggungjawaban China," imbuhya.

Namun, tudingan Trump tesebut dibantah Duta Besar China untuk PBB, Zhang Jun. Dia menyebut tudingan Trump tersebut kosong alias tak berdasar.