Trump-Erdogan bersua, pembelian S-400 jadi isu utama

Trump blak-blakan menuturkan bahwa pembelian S-400 telah menciptakan sejumlah tantangan serius dalam hubungan AS-Turki.

Donald Trump serta istri dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan serta istri saat bertemu di Gedung Putih, Rabu (13/11). Instagram/@realdonaldtrump

Donald Trump pada Rabu (13/11) mendorong Presiden Turki Tayyip Recep Erdogan untuk membatalkan pembelian sistem pertahanan rudal Rusia. Trump menyebut langkah tersebut merupakan tantangan yang sangat serius dalam relasi bilateral kedua negara.

Tatap muka Trump dan Erdogan berlangsung di Gedung Putih di tengah krisis kedua negara. Trump menggambarkan pertemuan tersebut luar biasa.

Dalam kesempatan yang sama, Trump menyampaikan bahwa dia adalah penggemar berat Erdogan dan mereka melangsungkan pertemuan yang produktif.

Meski demikian, baik Trump maupun Erdogan gagal menjelaskan secara konkret bagaimana mereka akan mengatasi perbedaan yang memuncak dalam berbagai isu. Mulai dari serangan Turki terhadap pasukan Kurdi, yang merupakan sekutu AS di Suriah dalam perang melawan ISIS, hingga pembelian sistem pertahanan Rusia S-400.

"Akuisisi Turki atas peralatan militer Rusia yang canggih, seperti S-400, menciptakan sejumlah tantangan yang sangat serius bagi kami dan kami terus membicarakannya," kata Trump dalam jumpa pers bersama dengan Erdogan.