Trump: Pemakzulan bawa bahaya besar bagi AS

Trump anggap upaya pemakzulan DPR AS benar-benar konyol.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat memberikan penjelasan pada penyuluhan singkat dengan anggota Satuan Tugas COVID-19 di Gedung Putih Washington, Amerika Serikat, Sabtu (14/3/2020)/Foto Antara Reuters/Yuri Gripas.

Presiden Donald Trump pada Selasa (12/1) menolak disebut bertanggung jawab atas kerusuhan di Capitol pekan lalu. Dia memperingatkan bahwa upaya pemakzulannya justru akan membawa bahaya besar bagi Amerika Serikat.

Trump juga mengklaim bahwa komentarnya yang dinilai menghasut pendukungnya untuk menyerbu gedung kongres tidak berbahaya.

"Orang-orang menilai bahwa apa yang saya katakan benar-benar tidak berbahaya," ujarnya.

Kerusuhan itu terjadi setelah dia mendesak para pendukungnya di rapat umum untuk membatalkan kemenangan Joe Biden di Electoral College. Dalam pernyataannya, Trump kembali menggunakan jenis bahasa yang menurut para kritikus memicu amarah massa, menyebut pemakzulan yang direncanakan oleh DPR yang dipimpin Demokrat sebagai kelanjutan dari witch hunt terbesar dalam politik.

"Ini konyol, benar-benar konyol," kata Trump dalam pernyataan pertamanya kepada media sejak kerusuhan yang menewaskan seorang petugas polisi Capitol dan menewaskan sedikitnya empat orang lainnya.