Tutorial masak tusuk gigi untuk dimakan bikin pemerintah Korsel resah

Dalam video YouTube Shorts, tusuk gigi digoreng, disiram berbagai saus, atau dijadikan mie untuk ramyeon instan.

Foto: Korea Herald

Youtuber memang kerap mencari cara untuk membuat konten yang sensasional. Misalnya, di Korea Selatan ada konten kreator yang membuat video tutorial memasak tusuk gigi.

Konten itu membuat Kementerian Keamanan Makanan dan Obat-obatan Negeri Gingseng itu ketar-ketir. Mereka khawatir video itu menginspirasi orang-orang untuk mencobanya. Padahal, tidak bagus buat kesehatan.

Mencegah efek negatif di masyarakat, Kementerian itu pun langsung bertindak. Pada tanggal 24 Januari mereka mengeluarkan peringatan untuk tidak memakan tusuk gigi – khususnya tusuk gigi berwarna hijau yang terbuat dari tepung jagung.

Menanggapi tren memasak dan memakan tusuk gigi yang berkembang di media sosial, Kementerian Keamanan Makanan dan Obat-obatan mengatakan tusuk gigi yang mengandung tepung seharusnya digunakan hanya untuk tujuan sanitasi.

Para pejabat menjelaskan bahwa tusuk gigi adalah barang kebersihan, sama seperti cangkir dan sedotan, dan tidak tunduk pada peraturan keselamatan yang berlaku untuk produk makanan.