Wakil Presiden Kamala Harris dinyatakan positif Covid-19

Harris sebenarnya telah dijadwalkan untuk menghadiri Briefing Harian Presiden Biden pada Selasa pagi, tetapi tidak hadir.

Wakil Presiden Kamala Harris. Foto twitter.com/VP

Wakil Presiden Kamala Harris dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa (26/4) waktu setempat, kata Gedung Putih dalam pengumuman resminyai.

Baik Presiden Joe Biden maupun ibu negara Jill Biden dianggap sebagai "kontak dekat" Harris dalam beberapa hari terakhir, kata Sekretaris Pers Wakil Presiden Kirsten Allen. Harris sebenarnya telah dijadwalkan untuk menghadiri Briefing Harian Presiden Biden pada Selasa pagi, tetapi tidak hadir, kata Gedung Putih lagi.

Kamala Harris baru saja kembali Senin dari perjalanan selama seminggu ke Pantai Barat. Terakhir kali dia melihat Biden adalah Senin sebelumnya, yakni 18 April.

"Saya tidak memiliki gejala, dan saya akan terus mengisolasi dan mengikuti pedoman Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC)," kata Harris dalam tweet-nya. “Saya bersyukur bisa divaksinasi dan dikuatkan,” kata dia lagi.

Setelah berkonsultasi dengan dokternya, Harris, 57, diberi resep dan mengonsumsi Paxlovid, pil antivirus Pfizer, kata kantornya Selasa malam. Obat tersebut, bila diberikan dalam waktu lima hari setelah gejala muncul, telah terbukti mengurangi 90% rawat inap dan kematian di antara pasien yang kemungkinan besar terkena penyakit parah.