Wali Kota Portland ke Trump: Anda ciptakan kebencian dan perpecahan

Ted Wheeler 'cekcok' dengan Trump buntut penembakan warga kulit hitam.

Presiden Donald Trump saat akan memberi pengarahan harian di Gedung Putih Washington Amerika Serikat, Rabu (15/4)/ANTARA FOTO REUTERS/Leah Millis.

Wali Kota Portland Ted Wheeler, yang juga anggota Partai Demokrat, Minggu (30/8), mengatakan bahwa Presiden Donald Trump adalah sosok yang menciptakan kebencian di Amerika Serikat.

"Apakah Anda (Trump) benar-benar bingung mengapa ini adalah pertama kalinya dalam beberapa dekade, AS melihat tingkat kekerasan setinggi ini?" ujar Wheeler dalam sebuah konferensi pers.

Lebih lanjut, dia menyebut, "Anda adalah orang yang menciptakan kebencian dan perpecahan. Anda adalah orang yang belum menghormati para orang kulit hitam yang dibunuh oleh petugas polisi. Anda adalah orang yang mengklaim supermasi kulit putih sebagai hal yang baik," bebernya.

Selama menjabat presiden, lanjut Wheeler, Trump hanya menyebarkan ketakutan dan sentimen antidemokrasi, menciptakan kebencian dan menodai AS.

Komentar kerasnya muncul satu hari setelah seseorang tewas ditembak di pusat kota Portland dalam protes antikebrutalan polisi yang berujung bentrokan.