Warga Vietnam tersangka pembunuh Kim Jong-nam dibebaskan

Doan Thi Huong dibebaskan pada Jumat (3/5) pagi. Bersama Siti Aisyah dia dituduh membunuh kakak tiri Kim Jong-un.

Ilustrasi / Pexels

Wanita asal Vietnam yang dituduh membunuh saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam, telah dibebaskan. Hal itu menjadikan salah satu misteri pembunuhan paling terkenal di dunia itu ke antiklimaks setelah dua tahun melewati proses berliku.

Doan Thi Huong dibebaskan dari penjara pada Jumat (3/5) pagi waktu setempat. Juru bicara penjara mengatakan bahwa Doan sudah pergi ke departemen imigrasi untuk diproses sebelum pulang ke Vietnam.

Selain Doan, WNI bernama Siti Aisyah dan empat pria asal Korea Utara dituduh terlibat dalam pembunuhan itu. Mereka dituduh menggosok racun saraf VX di wajah Kim Jong-nam ketika dia memasuki Bandara Kuala Lumpur, Malaysia, pada Februari 2017. Racun saraf tersebut merenggut nyawa Kim Jong-nam hanya dalam hitungan menit.

Doan dan Siti Aisyah membantah telah terlibat dalam pembunuhan Kim Jong-nam dan kompak meyakini mereka dijebak untuk ambil bagian dalam misi pembunuhan oleh agen Korea Utara. Pengacara mereka pun menyatakan kedua wanita itu hanya dijadikan kambing hitam.

Korea Utara secara konsisten membantah terlibat dalam pembunuhan tersebut, meskipun Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Malaysia berulang kali menyatakan Pyongyang merupakan pihak yang bertanggung jawab.