WHO: 3 vaksin Covid-19 diuji coba, 70 tahap pengembangan

WHO juga tengah menguji coba sejumlah obat yang diyakini dapat menyembuhkan pasien Covid-19.

Seorang petugas pemakaman di luar RS Los Ceibos memakai masker pelindung dengan gambar ilustrasi Yesus di tengah pandemik Covid-19 di Guayaquil, Ekuador, Rabu (15/4). ANTARA FOTO/REUTERS/Santiago Arcos

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengumumkan tiga vaksin Covid-19 telah masuk tahap uji coba klinis dan lebih dari 70 vaksin dalam pengembangan.

"Kami bekerja sama dengan sejumlah mitra untuk mempercepat pengembangan, produksi, dan distribusi vaksin," kata Tedros saat sesi pengarahan harian, Rabu (15/4).

Tidak hanya mengumumkan perkembangan vaksin, Tedros juga menjelaskan WHO tengah menguji coba sejumlah obat yang diyakini dapat menyembuhkan pasien Covid-19. Namun, sampai hari ini, belum ada kesimpulan pasti yang menerangkan keampuhan obat karena proses uji coba masih berjalan.

"Lebih dari 90 negara bergabung atau menyampaikan minatnya bergabung dengan Solidarity Trial, dan lebih dari 900 pasien ikut serta dalam uji coba tersebut," ungkap Tedros.

Sejumlah obat yang diuji coba di antaranya Remdesivir; Lopinavir/Ritonavir; Lopinavir/Ritonavir dengan Interferon beta-1a; dan Chloroquine atau Hydroxychloroquine (obat antimalaria).