WN Vietnam terdakwa pembunuh Kim Jong-nam lolos dari hukuman mati

WN Vietnam Doan Thi Huong (30), kemungkinan akan dibebaskan pada Mei.

WN Vietnam Doan Thi Huong, yang menjadi tersangka pembunuhan saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Nam, meninggalkan pengadilan tinggi Shah Alam di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (14/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Lai Seng Sin

Warga negara Vietnam yang dituduh membunuh saudara tiri Kim Jong-un, Kim Jong-nam, dijatuhi hukuman penjara tiga tahun empat bulan pada Senin (1/4) setelah dia mengaku bersalah atas dakwaan yang lebih rendah.

Doan Thi Huong (30), kemungkinan akan dibebaskan pada Mei karena masa hukuman penjaranya dapat berkurang sepertiga menyusul perilaku yang baik.

Pengacaranya, Hisyam Teh Poh Teik mengatakan kepada wartawan di Pengadilan Tinggi Shah Alam, "Menurut prosedur penahanan, semua tahanan berhak mendapat remisi sepertiga (dari hukuman mereka). Jadi perhitungan kami, dia akan dibebaskan pada 4 Mei."

Doan Thi Huong lolos dari hukuman mati setelah jaksa penuntut Malaysia menawarkan dakwaan alternatif, di bawah Pasal 324 KUHP, yang menyebabkan luka bukan pembunuhan. Tuduhan ini terancam hukuman maksimum 10 tahun penjara.

Mengenakan kerudung dan sweater putih, Doan Thi Huong menunjukkan raut muka tidak percaya berujung lega atas proses persidangannya. Dalam sebuah pernyataan singkat melalui penerjemahnya, dia berterima kasih kepada pengadilan, jaksa agung, jaksa penuntut, pengacara, dan pemerintah Vietnam.