Zelensky berharap perundingan berikut sepakati agenda pertemuan presiden

Putaran lain pembicaraan antara delegasi Rusia dan Ukraina akan dimulai pada Senin pagi dalam format online

Volodymyr Zelensky. Foto Reuters

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berharap bisa bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin. Sebab itu ia ingin melihat delegasinya akan membawa kabar tersebut ke mejanya, usai dari perundingan.

"Perwakilan delegasi Ukraina dan Rusia harus menyepakati pertemuan antara presiden kedua negara selama pembicaraan mereka yang akan datang," kata Zelensky pada Senin (14/3).

"Perwakilan delegasi negara kita bernegosiasi setiap hari dalam format online," kata Presiden Zelensky. 

“Delegasi kami memiliki tugas yang jelas untuk melakukan segala kemungkinan untuk menyelenggarakan pertemuan presiden, yang saya yakin, diantisipasi oleh semua orang. Mereka harus memahami bahwa ini adalah cerita yang rumit, serta jalan yang sulit, tetapi sangat dibutuhkan. Tujuan kami adalah bahwa selama pertarungan ini dan proses negosiasi yang sulit ini, Ukraina mendapatkan hasil yang diperlukan, yang diperlukan bagi kita semua, untuk perdamaian dan keamanan, agar kita memiliki jaminan yang normal dan efektif."

David Arakhamiya, seorang anggota delegasi Ukraina, mengatakan kepada situs berita Strana pada hari sebelumnya bahwa putaran lain pembicaraan antara delegasi Rusia dan Ukraina akan dimulai pada Senin pagi dalam format online. Menurutnya, "[14 Maret] pembicaraan akan diadakan melalui tautan video mulai pukul 10:30," tetapi dia tidak menentukan zona waktu.