11 fakta aneh tentang hidung manusia

Ada baiknya kembali mengingatkan pentingnya fungsi hidung, yang tidak hanya sekadar mempengaruhi sisi estetika tubuh manusia.

ilustrasi. foto Pixabay

Selain memainkan peran penting dalam penampilan Anda, hidung melakukan fungsi vital, seperti bernapas, mencegah infeksi, menentukan indera penciuman dan rasa, dan bahkan mempengaruhi resonansi suara Anda, ”kata Neil Kao, MD, ahli alergi di Greenville, SC "Bayangkan saja hidup tanpa semua manfaat dari hidung Anda yang berfungsi normal - Anda akan sengsara!"

Untuk melakukan fungsi-fungsi penting ini, hidung Anda adalah rumah bagi seluruh bagian dan proses yang menarik, mulai dari merasakan feromon hingga memproduksi lendir yang menjijikkan - tetapi secara imunologis diperlukan. Bahkan bersin sederhana melibatkan respons koreografi yang cermat dari otot-otot di seluruh tubuh Anda. 

Ulasan berikut mungkin pernah anda baca di berbagai artikel namun ada baiknya kembali mengingatkan pentingnya fungsi hidung, yang tidak hanya sekadar mempengaruhi sisi estetika tubuh manusia.

Ada 14 Jenis Hidung - Setidaknya!
Sebuah survei baru-baru ini di Journal of Craniofacial Surgery mengidentifikasi 14 bentuk hidung manusia. Ketika profesor teknik kimia Israel Abraham Tamir, PhD, mensurvei gambar dari 1.793 hidung, dia menentukan bahwa mereka semua termasuk dalam tipe dasar ini, mulai dari hidung Yunani (lurus) hingga hidung elang (tajam dan “mengait ke bawah.”) Kebanyakan umum adalah "hidung berdaging."

Tetapi banyak ahli merasa klasifikasi tersebut tidak mungkin mencakup semua variasi. "Hidung adalah struktur kompleks yang terdiri dari banyak potongan tulang rawan dan tulang," kata Spencer Payne, MD, asisten profesor otolaryngology (studi tentang telinga, hidung dan tenggorokan) dengan University of Virginia Health System.