17 juta orang di Indonesia mengalami gangguan tiroid

Penyakit tiroid adalah gangguan yang dipicu oleh kelainan bentuk atau fungsi kelenjar tiroid.

Ilustrasi foto: istockphoto.com/

Setidaknya 17 juta orang di Indonesia mengalami gangguan tiroid, dan itu menempatkan Indonesia sebagai negara dengan penderita tiroid tertinggi di Asia Tenggara. Tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher. 

Hampir 60% di antaranya saat ini hidup dengan gangguan tiroid yang tidak terdiagnosis, menurut survei oleh perusahaan sains dan teknologi, Merck. Penyakit tiroid adalah gangguan yang dipicu oleh kelainan bentuk atau fungsi kelenjar tiroid.

Ada beberapa komplikasi yang dapat muncul dari penyakit tiroid, salah satunya penyakit tiroid mata atau thyroid eye disease (TED). Berdasarkan CNN Health, mengganti pola makan dapat mencegah gejala TED serta penyakit tiroid lainnya seperti penyakit Graves’. Namun, disarankan untuk tetap melakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengganti pola makan secara drastis.

CNN Health membagikan enam makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah TED.

Yodium/iodine
Yodium atau iodine adalah zat kimia yang hanya dapat diperoleh melalui makanan. Orang dewasa hanya membutuhkan sekitar 150 mikrogram yodium sehingga tidak sulit untuk memenuhi kebutuhan ini. Yodium dapat mempercepat produksi hormon tiroid, sehingga lebih baik menghindari makanan dengan kandungan yodium tinggi, seperti rumput laut, tuna, udang, telur, produk susu, serta garam beryodium.