5 tips tetap fokus saat tugas menumpuk, hindari distraksi

Sudah membuat jadwal kerja seharian, tetapi ada saja tugas dadakan? Tak jarang situasi itu justru bikin agenda kerja berantakan.

Ilustrasi. Freepik

Sudah membuat jadwal kerja seharian, tetapi ada saja tugas dadakan? Tak jarang situasi itu justru bikin agenda kerja berantakan dan kamu kewalahan. Dampak lainnya juga menjadi bingung harus mengerjakan tugas mana dahulu, kesulitan mengatur waktu, hingga akhirnya tidak bisa selesai tepat waktu. 

Lima tips ini bisa diterapkan untuk tetap fokus menghadapi badai tugas yang menumpuk, seperti melansir dari platform edukasi, Zenius.

1. Buat skala prioritas
Tanyakan pada dirimu sendiri, hal apa yang perlu kamu selesaikan lebih awal? Tugas mana yang lebih mendesak untuk dikerjakan? Kedua pertanyaan tersebut akan membantumu untuk menentukan urutan prioritas dari setiap tugas.

Untuk hal yang sifatnya sangat mendesak, tentu akan masuk di prioritas tertinggi sehingga perlu dikerjakan di awal. Begitupun sebaliknya dengan hal-hal yang tidak terlalu mendesak, kamu bisa mengerjakannya setelah tugas yang lebih mendesak sudah selesai.

Menyusun skala prioritas dapat dilakukan di pagi hari atau di malam sebelumnya. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi notes yang ada di ponselmu, menulis secara manual di jurnal harian, atau menggunakan aplikasi penunjang produktivitas, seperti Todoist, Evernote, dan Trello.