6 hal yang membahayakan kesehatan vagina. Apa saja?

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang memengaruhi kesehatan vagina.

Mayoritas wanita memang tampak sadar dan waspada akan beberapa hal yang dapat membahayakan vagina, seperti sering berganti pasangan seksual dan tidak melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin. Namun masih ada hal lain, yang dapat membahayakan kesehatan vagina, yang justru luput dari perhatian wanita. Apa saja hal lain itu? Berikut ulasannya seperti dilansir dari WebMD.

1.    Merokok

Ada begitu banyak alasan untuk menjauhkan rokok dari hidup Anda. Salah satu alasan wanita harus menghindari rokok karena kebiasaan buruk ini dapat memicu kanker serviks. Sebuah penelitian bahkan telah menemukan keberadaan karsinogen dari rokok di lendir leher rahim wanita. 
Rokok memang membawa banyak dampak buruk bagi tubuh. Tidak hanya membahayakan kesehatan jantung dan paru-paru, tetapi merokok juga bisa membunuh wanita di usia 20 dan 30 tahun melalui kanker serviks.

2.    Diabetes

Diabetes bisa memengaruhi seluruh bagian tubuh, termasuk vagina. Banyak wanita tidak menyadari hal ini. Beberapa infeksi jamur bisa menjadi gejala pertama diabetes pada wanita. Kadar gula yang tinggi di dalam darah memicu pembentukan “area makan yang nikmat” bagi jamur, terutama di vagina. Wanita dengan diabetes yang kurang terkontrol sering sulit mengatasi infeksi jamur yang muncul terus-menerus.