Apakah kamu sudah mengatur finansial dengan tepat?

Kalau kamu masih bertanya-tanya tentang apakah alokasi keuanganmu sudah benar, nasihat dari financial advisor berikut mungkin bisa membantu.

Ilustrasi. Pixabay

Hari-hari ini, mungkin kamu mengurangi tabungan akibat pandemi Covid-19. Mungkin juga kamu terlalu banyak mengalokasikan uang untuk biaya kesehatanmu. Kalau kamu masih bertanya-tanya tentang apakah alokasi keuanganmu sudah benar, nasihat dari financial advisor berikut mungkin bisa membantu.

CNA yang berbasis di Singapura merangkumnya khusus untukmu yang berusia 30-an dan sedang meniti jenjang karier di pekerjaan.

CNA mengisahkan sosok Jasmin Jayadas yang harus kehilangan pekerjaan akibat tetap pandemi Covid-19. Kini dia menggantungkan pendapatan dari bekerja lepas. Di sisi lain, perempuan muda ini harus tetap membiayai kursus setara program diploma. Kisah yang hampir sama juga dialami Chin Teck, seorang ayah dua anak. Laki-laki 32 tahun itu kini menanggung biaya renovasi rumah dan kebingungan soal apakah harus ada alokasi budget yang berbeda.

CEO Perusahaan Layanan Keuangan Providend, Christhoper Tan, dan Associate Trainer Institute for Financial Literacy, Jolene Ong memberikan tips-tips berikut agar kondisi keuanganmu jauh lebih sehat.

Cara memulai mengatur keuangan