Apakah asma pada anak bisa sembuh?

Asma dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Lantas apakah asma pada anak bisa sembuh?

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan bahwa asma merupakan salah satu penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan global. Pada anak, asma merupakan salah satu penyakit yang paling banyak terjadi dalam dua dekade terakhir. 

Angka kejadian penyakit tidak menular ini, juga meningkat pada anak dan orang dewasa. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) tahun 2013, angka kejadian asma pada anak usia 0-14 tahun adalah 9,2%. 

Secara global, Indonesia berada di peringkat kedua puluh untuk kematian terkait asma. Lantas apakah asma pada anak bisa sembuh ketika ia tumbuh dewasa? 

Menurut dr. Wahyuni Indawati, Sp.A(K), Pengurus Pusat IDAI, pada terminologi asma atau penyakit asma mengatakan asma tidak pernah dijelaskan dapat sembuh.

“Yang kami katakan adalah asma bisa dikendalikan. Jadi kami bisa mengendalikan atau mengontrol asma,” ujar Wahyuni dalam acara Konferensi Pers Penandatanganan Kerjasama dan Peluncuran Program Healthy Lung, di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.