Barbie astronaut lepas landas dalam penerbangan gravitasi nol

Tujuannya dari proyek ini tentunya untuk menginspirasi para perempuan-perempuan muda untuk mempertimbangkan karir di luar angkasa.

Boneka Barbie Samantha. Foto: Laman resmi ESA (esa.int)

Boneka Barbie yang dibuat mirip dengan Samantha Cristoforetti , kini tengah terbang dengan penerbangan tanpa gravitasi. 

Menandai pekan luar angkasa Dunia dari 4-10 Oktober, yang tahun ini merayakan wanita di luar angkasa, pembuat mainan yaitu Mattel Inc, telah bekerja sama dengan Badan Antariksa Eropa (ESA) dan Cristoforetti (44), yang saat ini sedang dalam pelatihan untuknya berikutnya misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional April tahun depan.

Melansir dari newslogic, Senin (4/10), sebagai bagian dari proyek, boneka barbie mirip Cristoforetti ini, mencerminkan persiapan apa saja yang perlu dilakukan oleh astronaut sebelum berangkat ke luar angkasa, dengan bepergian dan mengambang di penerbangan tanpa gravitasi dari pangkalan ESA di Jerman. 

Tujuannya dari proyek ini tentunya untuk menginspirasi para perempuan-perempuan muda untuk mempertimbangkan karir di luar angkasa dan sains, teknologi, matematika, dan teknik (STEM) sebagai pilihan karir yang layak.

“Sebagai astronaut, satu hal yang penting bagi kita semua adalah menginspirasi generasi berikutnya,” kata Cristoforetti.