Bioskop XXI dan sepenggal tahap revitalisasi Taman Ismail Marzuki

Bioskop XXI TIM ditutup karena masa kontraknya habis dan terkena imbas revitalisasi TIM.

Gedung bioskop XXI TIM ditutup karena masa kontraknya habis dan terkena imbas proyek revitalisasi. Alinea.id/Robertus Rony Setiawan

Udiarti bergegas ke toilet bioskop XXI yang berada di kompleks Pusat Kesenian Jakarta (PKJ) Taman Ismail Marzuki (TIM), usai menonton film Perburuan pada Sabtu (17/8) petang lalu.

Tak lama, sekelompok anak kecil datang menggunakan toilet yang sama. Sebagian membuang air kecil, beberapa di antaranya sekadar mencuci tangan. Mereka baru selesai berlatih breakdance di pelataran gedung Graha Bakti Budaya (GBB) yang bersebelahan dengan XXI TIM.

“Ayo, kalau mau pipis di sini dipuas-puasin, siapa tahu besok-besok enggak bisa sempat lagi,” kata seorang petugas kebersihan bioskop.

Udi menganggap lalu celetukan sang petugas. Guru taman kanak-kanak di Tebet, Jakarta Selatan ini baru mengerti maksud ucapan tersebut setelah mendapat informasi penutupan bioskop XXI TIM pada Senin (19/8).

Udi cukup terkejut mendapat kabar tersebut. Baginya, bioskop XXI di TIM telah menjadi tempat langganan untuk menonton film terbaru. Pemutaran film-film yang tidak tayang di biokop lain, menjadi alasannya kerap datang ke bioskop ini. Dalam sebulan, setidaknya perempuan yang menjadi salah satu pengurus Komunitas Salihara ini satu kali menonton di XXI TIM.