Cara menjaga kebersihan dan kesehatan vagina

Meski tersembunyi, namun bukan berarti kebersihan dan kesehatan vagina terabaikan.

Letaknya yang tersembunyi mengakibatkan kebersihan vagina sering diabaikan. Padahal vagina merupakan salah satu organ penting yang ada di tubuh wanita. Kesehatan vagina sangat memengaruhi kesuburan, gairah seksual, dan kemampuan mencapai orgasme.

Vagina yang mengalami masalah dapat menimbulkan berbagai penyakit, menyebabkan stres, mengganggu kualitas hubungan dengan pasangan, dan berdampak pada rasa percaya diri kamu. Agar terhindari dari infeksi jamur, parasit, atau bakteri, kamu perlu menjaga kebersihan dan kesehatan vagina. Lalu bagaimana caranya?

dr. Dwi Priangga, SpOG dari Bamed Women’s Clinic, Jakarta, membeberkan sederet cara yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kebersihan vagina:

1. Menjalani pola hidup sehat meliputi diet seimbang, istirahat cukup, menghindari rokok dan alkohol, olahraga secara teratur, serta menghindari stres yang berkepanjangan.

2. Menggunakan celana yang menyerap keringat dan longgar, supaya area vagina tetap kering. Area vagina yang lembap rentan mengalami iritasi, dan dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri serta jamur.