Cek syarat vaksin Covid-19 untuk lansia

Kementerian Kesehatan telah menyatakan pemberian vaksin Covid-19 untuk lansia bisa dilakukan.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Orang-orang lanjut usia yang berusia di atas 59 tahun lebih rentan terpapar Covid-19. Namun di sisi lain, masih banyak ketakutan mengenai boleh tidaknya para lansia untuk menerima vaksin Covid-19.

Kementerian Kesehatan sendiri telah menyatakan pemberian vaksin Covid-19 bisa dilakukan dan saat ini memang tengah didistribusikan secara massal. Namun untuk bisa mendapatkan, seorang lansia harus memenuhi syarat vaksin Covid-19 yang telah ditentukan.

Syarat vaksin Covid-19 diterapkan lebih ketat kepada lansia untuk mencegah kejadian ikutan pasca-imunisasi yang parah dan bisa berpengaruh buruk untuk kesehatan. Selain akan ditanyai mengenai beberapa kondisi dasar yang juga ditanyakan ke orang non-lansia, para manusia lanjut usia yang sudah berumur 60 tahun ke atas juga harus memenuhi syarat-syarat lain.

Syarat lain terkait bisa tidaknya lansia divaksinasi Covid-19 berhubungan dengan kondisi kerentaan mereka. Nantinya akan ada beberapa pertanyaan mengenai kondisi kerentaan yang berhubungan dengan kemampuan orang tersebut beraktivitas dan kondisi penyakit kronis yang diidap. Jika ditemukan lebih dari dua kerentaan dari pertanyaan yang diajukan, artinya seseorang tersebut tidak memenuhi syarat vaksin Covid-19. Berikut ini pertanyaan terkait kerentaan tersebut yang bisa Anda screening sedari awal lewat fitur di SehatQ.

Kemampuan naik tangga