Gejala, penyebaran, dan panduan keluarga menghadapi coronavirus

Indonesia mengonfirmasi kasus pertama coronavirus jenis baru (Covid-19), Senin (2/3). Bagaimana panduan menghadapi virus tersebut?

Ilustrasi coronavirus. Foto Pixabay.

Keraguan internasional akhirnya terjawab sudah. Indonesia mengonfirmasi kasus pertama coronavirus jenis baru (Covid-19), Senin (2/3). Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan langsung kasus tersebut. Seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya berusia 31 tahun dinyatakan positif coronavirus.

Satu hari setelah pengumuman tersebut, merebak informasi terkait meninggalnya seorang pasien yang diduga terjangkiti coronavirus di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (3/3) pagi. Belakangan, pemerintah memastikan kalau pasien tersebut telah dinyatakan negatif. 

Juru Bicara Pemerintah soal Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3), seperti dikutip Antara, menuturkan pasien di Cianjur tersebut adalah salah satu dari 155 spesimen yang diambil sampelnya oleh pemerintah dari 44 rumah sakit di 23 provinsi.

Dari 155 spesimen tersebut, pemerintah menyatakan dua positif, yakni dua warga Depok yang telah dirawat di RSPI Sulianto Saroso, sementara yang di Cianjur dinyatakan negatif.

Bagaimana gejalanya?