Geser Eternals, Ghostbusters: Afterlife rajai box office pekan ini

Ghostbusters: Afterlife meraup pendapatan US$44 juta pada pekan awal pembukaan di 4.315 bioskop.

Ilustrasi film Ghostbusters Afterlife/Istimewa

Sekuel dari film komedi klasik, Ghostbusters: Afterlife, menggeser Eternals di puncak box office Amerika dengan meraup pendapatan US$44 juta (Rp627,8 miliar) pada pekan awal pembukaannya di 4.315 bioskop. Angka ini jauh melampaui prediksi sebelumnya.

Situs Variety juga mencatat film garapan Jason Reitman itu juga mengantongi  US$16 juta (Rp228,3 miliar) dari 31 pasar luar negeri. Pencapaian-pencapaian itu mendongkrak total pendapatan Ghostbusters: Afterlife di seluruh dunia menjadi US$60 juta  (Rp 856,1 miliar).

Pendapatan ini sekaligus menjadi angin segar bagi industri film Hollywood yang menandai bahwa keluarga juga sudah mau kembali ke bioskop setelah dihantam badai Covid-19.

Film terbaru dari seri supernatural ini disebut akan menjadi pencapaian terbaik bagi studio produksi dalam beberapa tahun terakhir setelah sempat redup. Sayangnya film ini kalah pendapatan dari sekuel sebelumnya yakni Ghostbuster versi Reboot yang tayang pada 2016.

Reboot Ghostbusters yang digarap oleh Sony pada 2016 menghadirkan perempuan sebagai pemeran seluruh tokoh utama sebetulnya meraup pendapatan hingga US$46 juta (Rp656,3 miliar) pada pekan pertama. Angkanya memang lebih banyak US$2 juta (Rp28,5 miliar) dari film yang sekarang.