Habibie & Ainun 3: Perjalanan cinta berbumbu emansipasi

Film biopik prekuel Habibie & Ainun 3 ini lebih banyak mengisahkan Ainun Besari dari sudut penceritaan Presiden ke-3 RI B.J. Habibie.

Film Habibie dan Ainun 3 diperankan oleh aktor Reza Rahadian dan Maudy Ayunda. / Facebook @MDPicturesIndonesia

Langkah gontai pria itu, tak menyurutkan semangatnya untuk menuju ke sebuah makam yang ada di kawasan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Sanak keluarga yang turut mendampingi, tak kuasa menahan haru ketika melihat sosok pria itu mengecup nisan Hasri Ainun Habibie Binti Mohamad Besari.

Demikian adegan pembuka film Habibie & Ainun 3 besutan PT MD Pictures Tbk. (FILM). Adegan itu mampu membawa penonton untuk mengingat sisa-sisa kenangan Bacharuddin Jusuf Habibie atau B.J. Habibie terhadap mendiang istrinya, Ainun Besari.

Diproduseri oleh Manoj Punjabi, prekuel film romansa Presiden Ketiga Republik Indonesia itu masih diisi oleh artis kawakan, Reza Rahadian yang memerankan B.J. Habibie

Uniknya, karakter Ainun dalam film ini bukan diperankan Bunga Citra Lestari, tetapi oleh pelantun lagu Perahu Kertas, Maudy Ayunda. Dengan memoles latar Indonesia pascakemerdekaan, nampaknya sutradara Hanung Bramantyo, mencoba mengajak penonton ke era 1960-an.

Ditulis oleh Ifan Ismail, plot film berdurasi 121 menit ini mencoba mengisahkan kehidupan muda Ainun Besari. Meski begitu, alur cerita film ini amat berbeda dengan sekuel film sebelumnya. Alur cerita digambarkan atas sudut pandang Habibie dalam mengenang mendiang istrinya, Ainun.