Hipertiroid dan Hipotiroid, penyakit apa itu?

Selain kanker tiroid, ada gangguan tiroid lainnya yang harus diwaspadai yaitu hipertiroid dan hipotiroid.

Hipertiroid dan hipotiroid mungkin masih asing terdengar. Berdasarkan penjelasan dr. Farid Kurniawan, SpPD saat  kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid berlebihan, kondisi ini disebut hipertiroid. 

Hipertiroid lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Hipertiroid biasanya muncul saat seseorang memasuki usia 20-40 tahun. Akan tetapi, penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk anak.

Seperti diketahui, tiroid merupakan kelenjar yang terletak di leher bagian depan dan terdiri atas dua bagian lobus kanan dan lobus kiri. Nah, kelenjar tiroid bertugas menghasilkan hormon tiroid yaitu tiroksin dan triiodotironin.

Peran hormon tiroid ini sangat penting bagi tubuh. Fungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh, mengatur metabolisme zat gizi (protein, karbohidrat, dan lemak), membantu pertumbuhan tulang dan saraf. Serta membantu tubuh menghasilkan panas.

Saat produksi hormon tiroid berlebihan maka menyebabkan tingkat metabolisme meningkat. "Plus, menimbulkan gejala-gejala antara lain jantung berdebar dan tangan gemetar,” ujar Farid.