Ingin kuliahkan anak ke luar negeri? Siapkan dengan investasi yang pas

Biaya pendidikan di luar negeri umumnya menggunakan mata uang asing.

Ilustrasi. Foto Pixabay

Menyekolahkan anak di luar negeri merupakan impian sebagian orang tua di Indonesia, dan tujuan tersebut membutuhkan persiapan dana dalam jumlah besar. Bagaimana cara mempersiapkan dana pendidikan agar kita bisa menyekolahkan anak ke luar negeri? Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Krizia Maulana dalam keterangan tertulisnya, akan menjelaskannya untuk Anda.

Cari tahu biaya sekolah hingga akomodasi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menyekolahkan anak ke luar negeri, mulai dari uang pangkal, biaya per semester, hingga biaya hidup bulanan di negara tujuan.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah perbedaan mata uang. Biaya pendidikan di luar negeri umumnya menggunakan mata uang asing. Oleh karena itu, sebaiknya dana pendidikan juga disiapkan dalam mata uang negara tujuan atau bisa juga dalam dolar AS. Pertimbangannya adalah agar tidak terjadi perbedaan atau selisih kurs di kemudian hari yang berpotensi mengganggu persiapan biaya kuliah anak. Untuk itu, investasi dalam mata uang dolar AS bisa menjadi salah satu opsi.

Memilih instrumen investasi yang tepat