Ini dia cara konsumsi minuman olahraga yang benar

Di luar latihan fisik berdurasi panjang, minuman olahraga tidak disarankan untuk konsumsi harian.

ilustrasi

Dalam label kemasan minuman olahraga, Anda mungkin akan menemukan banyak daftar vitamin dan elektrolit. Klaimnya, minuman olahraga dapat membantu menjaga stamina tubuh saat olahraga. 

Namun apakah minuman ini benar-benar lebih baik dibandingkan air putih?

Menurut Lauren Popeck, ahli diet di Orlando Health, Florida, Amerika Serikat, air putih merupakan cairan terbaik untuk menghidrasi tubuh saat berolahraga. Namun jika berolahraga lebih dari satu jam, maka Anda perlu mempertimbangkan minuman olahraga, terutama jika banyak berkeringat. Sebab elektrolit tubuh banyak terbuang melalui keringat.

"Benar-benar setelah lama berkeringat, sehingga tubuh mungkin membutuhkan minuman olahraga untuk membantu mengisi," kata Lauren, seperti dilansir dari Livescience.

Sebagai informasi, elektrolit adalah mineral bermuatan listrik yang ada di dalam tubuh manusia. Elektrolit bisa ditemukan di dalam keringat, darah, urine, dan cairan tubuh lainnya. Elektrolit, termasuk sodium dan potasium dapat memengaruhi jumlah cairan di dalam tubuh dan fungsi otot. Berdasarkan penjelasan Lauren, jika kadar elektrolit terlalu rendah, maka hal ini bisa menyebabkan kram otot dan sakit kepala.