Ini yang akan terjadi saat memasuki era 5G

Jaringan 5G dirancang untuk memberikan lebih banyak kapasitas dalam jaringan, lebih banyak ruang untuk digunakan.

Ilustrasi jaringan 5G. Pixabay

Peluncuran 5G dan transformasi digital telah menjadi pembahasan utama di dunia teknologi selama beberapa tahun terakhir. Kamu mungkin mengira 4G saat ini sudah menyediakan jaringan andal mulai dari pesan antar makanan, belanja daring, hingga pemesanan transportasi online.

Lantas, mengapa kita harus beralih ke 5G? Jawabannya karena teknologi generasi kelima tersebut akan memberikan kecepatan yang lebih tinggi dan latensi yang sangat rendah.

Tidak hanya itu, masih banyak nilai dan manfaat yang akan dibawa 5G ke depannya. Konsumen pun memiliki minat besar pada potensi jaringan 5G, terutama dalam percepatan digitalisasi akibat pandemi Covid-19.

Jaringan 5G dirancang untuk memberikan lebih banyak kapasitas dalam jaringan, lebih banyak ruang untuk digunakan. Dengan demikian, ada lebih banyak ruang bagi semua orang dan perangkat akan mendapatkan kecepatan data yang lebih tinggi. 

Generasi jaringan seluler sebelumnya, seperti 3G dan 4G, mengalami kesulitan dalam memberikan performa konsisten apabila terhubung pada terlalu banyak perangkat yang bersamaan. Beberapa dari kita mungkin pernah mengalaminya ketika mencoba menggunakan ponsel selama acara olahraga atau konser yang ramai.