Inilah alasan kamu harus mencuci buah dan sayur segar

Sayur dan buah yang kamu beli di supermarket bisa saja terkontaminasi oleh kuman atau mengandung pestisida.

Ilustrasi mencuci buah dan sayur. Foto: IstockPhoto

Mengonsumsi buah dan sayur segar menjadi salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan guna menjaga kesehatan kita. Terlebih kondisi pandemi saat ini, yang membuat kita harus ekstra dalam menjaga kesehatan tubuh. Sebelum makan buah dan sayuran segar, sudah lama menjadi rekomendasi untuk membilasnya dengan air untuk menghilangkan residu yang tidak diinginkan dari permukaannya.

Namun, mengingat pandemi Covid-19, banyak berita utama beredar yang mendorong cara yang lebih ekstra untuk mencuci produk segar sebelum memakannya, dan membuat beberapa orang bertanya-tanya apakah air cukup. Dilansir dari Healthline, berikut hal-hal yang harus kamu ketahui tentang mencuci buah dan sayur yang benar. Di simak baik-baik ya.

Mengapa kamu harus mencuci buah dan sayur segar?
Pandemi global atau tidak, mencuci buah dan sayuran segar dengan benar adalah kebiasaan yang baik untuk dipraktikkan untuk meminimalkan konsumsi residu dan kuman/pestisida yang berpotensi berbahaya. 

Sayur dan buah yang kamu beli di supermarket bisa saja terkontaminasi oleh kuman atau mengandung pestisida. Jika Anda mengetahui cara menyiapkan sayur dan buah dengan baik sebelum dikonsumsi, maka keracunan makanan akibat dari adanya zat berbahaya yang menempel pada sayur dan buah tidak akan terjadi.

Perlu kamu ketahui, produk segar ditangani oleh banyak orang sebelum kamu membelinya dari supermarket atau pasar. Selama proses penanamannya, sayur dan buah juga dapat dengan mudah terkontaminasi oleh kuman lewat berbagai cara. Mulai dari tanah dan air, cacing, bahan kimia pestisida ataupun kebersihan pekerja di kebun pertanian tersebut.