Intip dua UMKM lokal lestarikan budaya Betawi lewat Tokopedia

Tokopedia mencatat asinan sayur Betawi, bumbu soto Betawi dan celana batik harian Betawi menjadi produk khas Betawi yang paling dicari.

Memperingati HUT ke-494 DKI Jakarta, hari ini (22/06) Tokopedia menggelar Virtual Media Briefing dengan tema Nyok Kite Lestarikan Budaya Betawi lewat Karya UMKM Lokal, untuk membagikan dua kisah inspiratif UMKM asal Jakarta yang mempertahankan budaya Betawi lewat bisnis daring dan produknya. Foto humas Tokopedia

Pandemi justru meningkatkan rasa bangga buatan Indonesia. Terbukti dari data Tokopedia, misal selama kampanye Bangga Buatan Indonesia awal Mei 2021 berlangsung, transaksi makanan dan minuman meningkat lebih dari dua kali lipat, sedangkan fashion lebih dari enam kali lipat.

“Memperingati HUT ke-494 DKI Jakarta, Tokopedia mencatat asinan sayur Betawi, bumbu soto Betawi dan celana batik harian Betawi menjadi produk khas Betawi yang paling dicari masyarakat selama 2020,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/6).

Tokopedia pun membagikan dua kisah inspiratif UMKM asal Jakarta yang mempertahankan budaya Betawi lewat bisnis daring dan produknya.

Caramia-Tioria by Caramia, bangga angkat motif khas Betawi sebagai produk andalan

Berbekal pendidikan desain dan fesyen di Amerika, Thekla Odelia Caramia kembali ke Indonesia untuk mendirikan usaha Tioria by Caramia pada 2017. Ia fokus menghasilkan beragam produk fesyen dengan tema kekayaan budaya Indonesia, termasuk budaya Betawi.