Jangan ada rahasia keuangan keluarga, kenapa?

Rahasia keuangan keluarga yang disimpan oleh pencari nafkah membuat harta yang dimiliki tidak dapat diakses.

ilustrasi. Pexels.com

Pandemi Covid-19 di Indonesia, telah menyebabkan lebih dari 70.000 orang meninggal dunia dan banyak keluarga, kehilangan pencari nafkah dalam keluarga, sebagai akibat dari serangan virus SARS CoV-2.

Tingkat penyebaran varian baru virus yang semakin cepat ini, harus semakin cepat diantisipasi oleh tiap individu, termasuk konsekuensinya dalam keuangan rumah tangga. Kehilangan pencari nafkah dalam keluarga secara mendadak seringkali membuat anggota keluarga mengalami kebingungan ekonomi.

Rahasia keuangan keluarga yang disimpan oleh pencari nafkah membuat harta yang dimiliki tidak dapat diakses, sementara seringkali  tagihan utang berdatangan.

Oleh karena itu, menurut penasihat untuk Wealth and Asset Management Indonesia, keterbukaan keuangan menjadi semakin penting di tengah pandemi yang semakin mengganas.

Dia mengungkap bahwa dalam rumah tangga, terkadang suami dan istri tidak bicara secara terbuka soal keuangan sehingga ada rahasia keuangan yang disimpan dari pasangan dan lebih memilih untuk bercerita ke saudara atau teman dekat.