Kanker tiroid bisa sembuh, begini caranya

Penderita kanker tiroid kemungkinan berasal dari keturunan yang menimpa lintas usia

Kamu pasti kenal dong dengan artis Rachel Amanda? Tidak banyak yang tahu bahwa wanita usia 22 tahun itu pernah menderita kanker tiroid. Sekitar empat tahun lalu, Rachel terserang kanker tiroid karena keracunan yodium. 

Lalu apa itu kanker tiroid? Kanker tiroid merupakan pertumbuhan sel tidak normal (abnormal) di dalam kelenjar tiroid.

Berdasarkan Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tiroid merupakan kelenjar endokrin murni terbesar dalam tubuh, yang terletak di leher bagian depan dan terdiri atas dua bagian yakni lobus kanan dan lobus kiri. Kanker tiroid adalah salah satu gangguan dari tiroid.

Menurut dr. Dante Saksono Herbuwono, SpPD, K-EMD, PhD, kelompok orang yang memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita kanker tiroid adalah mereka yang punya riwayat kanker tiroid di keluarga, faktor genetik, riwayat mendapat paparan radioaktif di daerah leher, dan merokok. 

Penderita wanita rupanya beresiko lebih tinggi terkena kanker tiroid dibandingkan laki-laki. “Pada wanita paling sering terjadi pada usia 40 sampai 50 tahun. Sedangkan pada laki-laki masuk usia lebih tua,” ujar Dante beberapa waktu lalu.