Kebenaran tersembunyi di balik pemasaran kosmetik 'alami'

Jika Anda juga ingin kemasan Anda ramah lingkungan, produk kosmetik padat adalah pilihan yang baik.

Foto: Ist

Label sampo, gel mandi, dan krim yang sehat dan mengandung unsur alam mungkin membuat Anda berpikir bahwa Anda telah melakukan hal yang berarti bagi lingkungan, namun jangan terpengaruh oleh penampilannya.

Gambar pada kemasan produk tidak selalu berarti komitmen tulus terhadap ekologi yang baik, dan mungkin hanya memanfaatkan asosiasi untuk mengarahkan suatu produk ke keranjang belanja Anda.

“Sangat populer untuk beriklan pada kemasan kosmetik dengan gambar tanaman dan daun, bunga dan buah,” kata Kerstin Effers, petugas perlindungan lingkungan dan kesehatan di pusat saran konsumen di kota Dusseldorf, Jerman.

Menurut Effers, Anda harus mencermati apakah kemasan suatu produk menyatakan mengandung sejumlah bahan alami yang tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, misalnya 98%. Hal ini karena kandungan air produk juga dapat dimasukkan dalam informasi ini berdasarkan peraturan, seperti di Uni Eropa misalnya.

“Jika Anda membeli sampo atau sabun mandi cair, misalnya, yang mengandung 80% air, maka Anda akan dengan cepat melihat angka yang disebutkan 98%,” kata advokat konsumen. "Namun, jika Anda menghitungnya tanpa air, bukan hanya 2% tapi 10% tidak akan berasal dari alam."