Kemacetan dan perputaran uang di libur akhir tahun

Puncak, Bogor masih menjadi destinasi favorit orang Jakarta. Maka, kemacetan kerap terjadi di musim liburan.

Ilustrasi kemacetan./Foto 12138562O/Pixabay.com

Beberapa waktu lalu, viral di media sosial situasi kawasan Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru (TNBTS), Jawa Timur dipenuhi ribuan wisatawan. Bahkan, kemacetan kendaraan sudah terlihat sejak dari pintu masuk menuju kawasan Gunung Bromo di Kabupaten Malang. Situasi pengunjung yang melimpah itu terjadi pada Minggu (24/12) dan Senin (25/12). Orang-orang berkunjung ke sana memanfaatkan libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Bagi orang Jakarta kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat masih menjadi primadona dalam mengisi liburan. Tak heran, jalanan menuju ke sana kerap macet. Di musim liburan akhir tahun ini, kemacetan parah menuju Puncak terjadi di kawasan Gadog hingga Pasar Cisarua pada Rabu (27/12). Ribuan kendaraan padat merayap.

Menurut pengamat pemasaran Managing Partner Inventure, Yuswohady, kawasan Puncak masih menjadi pilihan orang Jakarta untuk berlibur karena aksesnya dekat. Yuswohady mengatakan, wisatawan dari Jakarta rela bermacet-macetan menuju Puncak karena ingin menikmati panorama pegunungan.

“Kalau (orang) Jakarta dia mau ke pantai kan ke Ancol, kalau gunung kan antara Bandung atau Puncak,” ujar Yuswohady kepada Alinea.id, Rabu (27/12).

Pemerhati ekonomi rekreasi itu pun menjelaskan, selain akses, wisatawan pasti memikirkan biaya dan kecepatan. “Artinya, enggak repot. Kalau ke Bandung kan lebih dua ratus kilometer kan, lebih berat,” tutur dia.