Komisi Kesehatan Global resah dengan penanganan jelang kematian di era modern

Komisi khawatir bahwa mencoba mendefinisikan kematian yang baik dapat memburuk menjadi urusan list keinginan dan opsi.

Ilustrasi menjelang kematian. Foto Pixabay

Orang-orang di negara-negara termasuk Inggris mungkin diperlakukan secara berlebihan saat mereka meninggal. Ini membuat kematian menjadi kurang manusiawi ketika peran perawatan kesehatan tumbuh dan peran keluarga dan masyarakat berkurang.

Sebuah Komisi Kesehatan Global Lancet mengatakan penekanan berlebihan pada perawatan agresif untuk memperpanjang hidup, ketidakadilan global dalam akses perawatan paliatif, dan biaya medis akhir hidup yang tinggi telah menyebabkan jutaan orang menderita beban yang tidak perlu.

Para ahli mengatakan banyak orang, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, tidak memiliki akses ke perawatan paliatif, dan khususnya opioid (pereda nyeri), sementara mereka yang berada di negara-negara berpenghasilan tinggi mungkin diperlakukan secara berlebihan.

Martabat, tidak adanya rasa sakit, elemen kontrol, akses mudah ke keluarga dan teman, dan komunikasi yang baik semuanya dianggap sebagai aspek kematian yang baik.

Tetapi Komisi khawatir bahwa mencoba mendefinisikan kematian yang baik dapat memburuk menjadi urusan list keinginan dan opsi. Dengan begitu orang akan memiliki gagasan yang berbeda tentang apa yang merupakan kematian yang baik seperti halnya mereka melakukan kehidupan yang baik.