Konsumsi belanja jelang dan saat Ramadan cenderung naik

Faktor tradisi dan kebiasaan di bulan Ramadan menjadi menjadi pemicu peningkatan konsumsi belanja ini

ilustrasi/Shopback Indonesia

Konsumsi belanja masyarakat Indonesia menjelang dan saat Ramadan memang selalu meningkat setiap tahunnya. Faktor tradisi dan kebiasaan di bulan Ramadan menjadi menjadi pemicu peningkatan konsumsi belanja ini. Berdasarkan data Shopback, traffic ke situs dan aplikasi Shopback mulai meningkat hingga 10% sebulan menjelang Ramadan.

Hal yang sama pun terjadi di platform e-commerce dan marketplace lainnya, seperti, Lazada, Tokopedia, Shopee, BukaLapak dan Blibli. Berdasarkan data dari SimilarWeb, traffic kelima platform e-commerce ini menunjukkan peningkatan 5-10% sebulan menjelang Ramadan dan cenderung stagnan selama bulan Ramadan.

Co-Founder & Country Head of Shopback Indonesia, Indra Yonathan, mengatakan di Ramadan tahun ini, transaksi belanja online dipercaya akan meningkat hingga 2 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

“Pergeseran pola perilaku belanja masyarakat ke digital merupakan salah satu faktor penyebab peningkatan transaksi belanja di platform e-commerce. Berdasarkan data terbaru dari Accenture, hampir setengah (43,7%) dari masyarakat Indonesia yang terkoneksi internet, merupakan digital buyers,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/5)

Baru-baru ini, Shopback pun melakukan studi terhadap pola perilaku belanja masyarakat di bulan Ramadan di Indonesia dan Malaysia. Studi ini berdasarkan historikal data yang dimiliki oleh Shopback sepanjang bulan Ramadan tahun lalu.