Kurangi sampah rumah tangga, SIG-Kara gagas Gerakan #PilahBilasLipat

Masyarakat dapat berpartisi dalam gerakan ini bahkan memenangkan sejumlah hadiah.

Poster Gerakan #PilahBilasLipat yang diinisiasi SIG dan Kara. Instagram/@SIG.ID.WayBeyondGood

SIG, penyedia sistem dan solusi pengemasan aseptik, bersama PT Kara Santan Pertama, distributor produk santan dan nata de coco dengan merek Kara dan Sunkara, menggagas Gerakan #PilahBilasLipat guna mengurangi sampah rumah tangga.

Head of Market Indonesia, Malaysia, and Philippines SIG Combibloc Indonesia, Noer Wellington, menyatakan, gerakan tersebut merupakan kelanjutan dari program-program sebelumnya sejak 2007 dalam rangka menyediakan sistem solusi sampah kemasan.

"Kampanye #PilahBilasLipat [adalah] sebuah kampanye yang mengajak keluarga-keluarga Indonesia untuk memulai hidup yang lebih ramah lingkungan dengan tiga langkah sederhana," ucapnya dalam webinar, Kamis (11/11).

"Pilah kemasan karton bekas dari sampah lainnya, bilas kemasan karton bekas, lipat kemasan karton bekas sebelum dikumpulkan untuk didaur ulang. Setelah memilah, membilas, dan melipat kemasan bekas tersebut, kumpulkan di drop point kemasan bekas atau di aplikasi daur ulang sampah, seperti Duitin,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, pihaknya sebelumnya melakukan inisiatif serupa di berbagai negara lain sebagai bentuk komitmen "way beyond good" untuk menjadi perusahaan net positive. "Di mana kami berusaha untuk mengurangi separuh dampak terhadap lingkungan dan memberi dua kali lipat lebih banyak manfaat bagi masyarakat di tahun 2030."