Kutil kelamin, infeksi menular seksual tanpa keluhan

Gejala klinis yang terlihat hanya dapat berupa tonjolan pada kulit seperti kutil.

Ilustrasi/Pexels

Apakah Anda pernah mendengar tentang kutil kelamin? Ya, ini merupakan penyakit infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) tipe 6, 11, 30, 42, 43, 44, 45, 51, 52 dan 54.

Data WHO 2012 menunjukkan, tingkat kejadian penyakit ini cukup tinggi. Satu kasus baru kutil kelamin didiagnosa setiap detiknya, dan sekitar 89.192 kasus baru kutil kelamin didiagnosa di dunia setiap harinya.

Dalam konferensi pers di Jakarta, beberapa waktu lalu, dr. Dian Pratiwi, SpKK, FINSDV, FAADV, dokter Klinik Pramudia menjelaskan tentang epidemiologi penyakit kutil kelamin yang disebabkan HPV.

“HPV adalah virus penyebab Infeksi Menular Seksual (IMS) yang paling umum. Menurut data Amerika July 2017, sebanyak 79 juta penduduk, kebanyakan berusia akhir belasan dan awal 20-an, telah terinfeksi HPV,” ujar Dian.

Dalam kesempatan yang sama, dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV mengatakan, pasien yang terinfeksi kutil kelamin, biasanya tidak memiliki keluhan sama sekali atau bersifat asimptomatik. Gejala klinis yang terlihat hanya dapat berupa tonjolan pada kulit seperti kutil, yang berbentuk rata atau sering menyerupai bentuk kembang kol atau disebut cawliflower-like.