Lindsay Lohan dituduh secara ilegal gembar-gemborkan crypto

Sun tidak segera menanggapi permintaan komentar melalui Twitter. Seorang pengacara untuknya tidak dapat segera diidentifikasi.

Lindsay Lohan. Foto The Times

Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS kemarin mendakwa pengusaha cryptocurrency Cina Justin Sun dengan penipuan. Terkait itu Komisi juga menuduh delapan selebritas termasuk aktris Lindsay Lohan dan rapper Soulja Boy secara ilegal mempromosikan aset crypto-nya.

Sun dan perusahaannya Tron Foundation, BitTorrent Foundation, dan Rainberry dituduh sejak Agustus 2017 merencanakan untuk mendistribusikan miliaran aset kripto yang dikenal sebagai Tronix (TRX) dan BitTorrent (BTT) dan meningkatkan volume perdagangan secara artifisial.

Dia juga dituduh menyembunyikan pembayaran kepada selebritas untuk mempromosikan TRX dan BTT di akun media sosial, menyesatkan publik dengan berpikir bahwa mereka memiliki "minat yang tidak memihak pada TRX dan BTT, dan bukan hanya juru bicara yang dibayar".

SEC mengatakan aktivitas Sun menghasilkan keuntungan ilegal puluhan juta dolar dengan biaya investor lain.

“Kasus ini kembali menunjukkan risiko tinggi yang dihadapi investor ketika sekuritas aset kripto ditawarkan dan dijual tanpa pengungkapan yang tepat,” kata Ketua SEC Gary Gensler dalam sebuah pernyataan.