Jadi penyakit mematikan bagi perempuan, mari kenali lebih dekat kanker payudara

Kanker payudara merupakan penyakit mematikan nomor satu bagi perempuan di Indonesia.

Ilustrasi. Pexels

Berdasarkan statistik, fakta menunjukkan bahwa satu dari delapan wanita berisiko terdiagnosa kanker payudara. Kemudian, fakta lainnya menemukan bahwa kanker payudara merupakan penyakit mematikan nomor satu bagi perempuan di Indonesia, menggantikan kanker serviks yang sudah ditemukan vaksin sebagai langkah pencegahannya.

Bahkan, satu dari 80 juta pria memiliki risiko terkena kanker payudara. Sayangnya, sampai saat ini belum ditemukan penyebab timbulnya kanker payudara sehingga belum dapat mencegah penyakit mematikan ini dengan vaksinasi.

Meski belum dapat dicegah, salah satu organisasi kanker payudara, Lovepink, yang merupakan organisasi nirlaba yang memiliki visi untuk mengurangi angka pasien kanker payudara stadium lanjut, mengusahakan pemahaman masyarakat sedini mungkin tentang kanker payudara.

Penyintas kanker payudara dan anggota Survivor Lovepink Prana Dalwan menjelaskan, terdapat faktor-faktor yang diketahui dapat meningkatkan risiko timbulnya kanker payudara, di antaranya faktor yang dapat dikendalikan dan faktor tidak dapat dikendalikan.

Faktor yang dapat dikendalikan meliputi, paparan asap rokok dan alkohol, pola makan tidak sehat seperti makanan cepat saji, olahraga dan berat badan, pola hidup dan stres, serta polusi udara di perkotaan.