Masyarakat Finlandia dinilai paling bahagia di dunia, Indonesia bagaimana?

Laporan Kebahagiaan Dunia telah diterbitkan. Finlandia tertinggi, Afghanistan masih menjadi negara dengan peringkat kebahagiaan terendah.

Ilustrasi. Foto: Pixabay

Laporan Kebahagiaan Dunia telah diterbitkan, dan sekali lagi negara-negara Nordik kembali mendapat skor tertinggi. Negara nomor 1, Finlandia, telah mempertahankan peringkat teratasnya selama tujuh tahun berturut-turut. Bagaimana Indonesia?

Laporan 2024 ini merupakan laporan pertama yang memasukkan pemeringkatan terpisah berdasarkan kelompok umur, dan laporan ini membawa kabar buruk mengenai kepuasan hidup di kalangan generasi muda di beberapa belahan dunia.

Finlandia sekali lagi menjadi negara paling bahagia di dunia. Hal ini berdasarkan laporan tahunan yang memperingati Hari Kebahagiaan Internasional PBB pada tanggal 20 Maret. Laporan ini mengacu pada data survei global dari masyarakat di lebih dari 140 negara. Negara-negara diberi peringkat kebahagiaan berdasarkan evaluasi rata-rata kehidupan mereka selama tiga tahun sebelumnya, dalam hal ini 2021 hingga 2023. Laporan ini merupakan hasil kolaborasi kemitraan Gallup, Oxford Wellbeing Research Centre, Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB, dan dewan editorial.

Negara Finlandia yang memiliki cuaca sejuk – dimana cahaya utara menari di musim dingin dan matahari musim panas bersinar sepanjang malam – telah banyak mengetahui mengenai kondisi sosial yang tepat untuk kebahagiaan.

Survei tersebut meminta setiap peserta untuk menilai kehidupan mereka secara keseluruhan, dengan mempertimbangkan apa yang mereka hargai, kata John Helliwell, profesor ekonomi emeritus di Vancouver School of Economics, University of British Columbia, dan editor pendiri World Happiness Report.