Menapak keindahan si mungil Gunung Batu Jonggol

Meski mungil, Gunung Batu Jonggol layak dijadikan destinasi pilihan di akhir pekan untuk berpetualang tak jauh dari Jakarta.

Pemandangan dari puncak Gunung Batu Jonggol dengan ketinggian 875 Mdpl. / Sukirno-Alinea.id

Meski mungil, Gunung Batu Jonggol layak dijadikan destinasi pilihan di akhir pekan untuk berpetualang tak jauh dari Jakarta.

Libur akhir pekan yang singkat bagi warga Ibu Kota bisa dimanfaatkan untuk menikmati keindahan alam yang tak membutuhkan waktu lama. Sejumlah destinasi wisata di sekitar Jakarta menjadi pilihan yang patut dicoba.

Bagi Anda yang suka berpetualang dan mendaki gunung, bulan-bulan Januari hingga April tak banyak gunung yang dapat didaki. Sebab, periode itu mayoritas gunung dan taman nasional tertutup untuk umum lantaran memasuki musim penghujan dan masa recovery.

Namun, masih ada pilihan untuk mendaki yang biasa disebut 'pendakian ceria' di Bogor, Jawa Barat. Yup! Hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dari Jakarta, Anda dapat mendaki gunung dan menikmati hijaunya pemandangan alam.

Gunung itu bernama Gunung Batu. Letaknya di Kampung Gunung Batu I, Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Gunung ini sebelumnya dikenal dengan nama Gunung Batu Jonggol lantaran dulu masih berada di wilayah administratif Kecamatan Jonggol.